Sabtu, 04 April 2009

OLIMPIADE SAINS NASIONAL

wuooooooohhh serem banget ya liat judulnya busetbuset nyerahhhh! kayaknya pinter banget aja gitu. definisi perkata dulu yaa :
1. olimpiade : pertandingan olahraga amatir antarbangsa yg diadakan setiap empat tahun sekali di negeri yg berlainan
2. sains : pengetahuan sistematis yg diperoleh dr sesuatu observasi, penelitian, dan uji coba yg mengarah pd penentuan sifat dasar atau prinsip sesuatu yg sedang diselidiki, dipelajari, dan sebagainya
3. nasional : bersifat kebangsaan; berkenaan atau berasal dr bangsa sendiri; meliputi suatu bangsa
beeehhh dari definisi 3 kata itu aja kayaknya nyerah bgt gitu ya. kompetisi ilmu pengetahuan bersifat kebangsaan. dan sekarang ditambah dengan satu kata lagi :
ekonomi : ilmu mengenai asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan (spt hal keuangan, perindustrian, dan perdagangan)
yaaa... jadi Olimpiade Sains Nasional bidang Ekonomi bisa disimpulkan sendiri lah yaaaa apa artinya.

taun lalu, one of my best, ica, ikut OSN ekonomi. gue tuh kalo liat ica dulu kayaknya worship abiiisss. hebat gtu belajarin buku ekonomi setebel2 apaan tau, belajar akuntansi sebelum waktunya....... (waktu itu masih kelas X jadi belom dapet pelajaran akun). terus dia ikut kayak pembinaan2 gtu deh jago abis.

beberapa waktu lalu, pak buang rahardjo, wakil kepala sekolah bidang akademik SMA Labschool Kebayoran, tiba-tiba nyamperin gue ke ruang BK (bayangkaaaaaan gue lg mau saman, mau ganti baju, masih juga disamperin). gue pikir kan gue bermasalah nih pelajarannya, karena emang nilai2 gue turun drastis semuanya. terus pak buang tuh nyamperin gue (dan cyntia) membawa secarik kertas. isinya 'daftar peserta tim OSN dari labschool kebayoran' dan nama gue ada disituuuuuuuuuuuu! oh oh oh no no nooooo. maksudnya gini deh. okeey, nggapapa deh kl alasan gue yg dipilih itu karena gue berprestasi. MASALAHNYA, di semester dua ini ekonomi udah 2 kali ulangan, dan dua dua nya gue remeeeeeeedddd! dan sejujurnya emang gue ngga suka banget ekonomi. ngapain coba pusing2 ngurusin orang pengen beli baju sama celana aja diitung pake indifference curve (TUH! hasil dari melahap 270 halaman buku persiapan menghadapi OSN dalam satu malam tuh tuh tuhhhhhhhhhhhh)? beli baju mah beli aja gausah dipikirin puas apa engga dengan 7 baju dan 3 celana......................

anyway, walaupun udah mengerahkan segala cara, gue ngga bisa mengundurkan diri dari OSN. dan sekali gue maju, gue ngga boleh kalah, soalnya 'di belakang' ada pak afdhar yang siap menempeleng kalo gue kalah di babak pertama (haha lebeeeeyy)..

jadi, tadi pagi di SMA 6 gue ikut seleksi pra-OSN, dimana 100 besarnya nanti bakal dikasih pembi naan sama lembaga olimpiadenya, sedangkan yang ngga masuk itu belajar mandiri di sekolahnya masing masing. nanti mulai eliminasi2an nya pas lomba yg tanggal 15 april. tadi sih yaaaaaa... susah banget tuh engga, tp ngga gampang jugaaa. ya gue paling bisa 60%lah yaaa.. tp belom ada hasilnya sih, nggatau juga gue kapan dikasih tuh hasilnya.

gue ngga berdoa 'ya Allah, semoga aku lolos ikut pembinaan yaaaa' tapi gue berdoa 'ya Allah, kasih yg terbaik yaaaaaaa'. kalo keterima, yg ngajar kan bukan guru gue, jadi agak segen gitu ngga sih kalo mau nanya ini itu? kalo sama guru sendiri kan enak, mau satu soal gue tanyain 5 kali gara2 ngga ngerti2 juga nggapapaa, nggausah takut ada anak sekolah lain bilang 'iih ini labschool kok bloon banget dahhh' gituuuu. hehe

well, let's just wait for the result. I'll let you know as soon as possible okaaaaaaaay? ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar